Sabtu, 17 Juli 2010

Berbagai Alternatif untuk Mengobati Penyakit Tipes

Penyakit tipes (typhus abdominalis) adalah penyakit infeksi pada usus akibat Salmonella typhii dan Salmonella paratyphii. Gejala penyakit tipes diantaranya adalah: demam, tidak nafsu makan, sakit kepala, infeksi tenggorokan, bibir kering dan pecah-pecah, lemah, lidah putih dan terasa tebal, mual, muntah, rasa tidak enak di perut, sembelit/diare, dan mengigau.
Diagnosa penyakit tipes dapat dilakukan dengan tes Widal, tes Gaal kultur, atau tes Tubex TF.
Pada beberapa orang penyakit ini mudah sekali kambuh. Di sini saya mengumpulkan beberapa alternative pengobatan penyakit tipes yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca:
1. Minum pil cacing (seperti banyak dikenal oleh orang-orang)
2. Minum antibiotik, seperti: chloramphenicol, thiamphenicol, cefadroxil, amoxicillin, quinolone, co-tromoxazole, dsb (dosis dan lamanya sesuai resep dokter)
3. Buah sawo muda diparut, diberi air, diperas, airnya diminum, boleh diberi gula sedikit.
4. Minum sari mentimun (mentimun diparut dan diambil airnya)
5. Ambil 25 gr kunyit+10 gr sambiloto+gula aren secukupnya rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. saring dan airnya diminum 1x sehari.
6. Ambil 75 gr jali (direndam dahulu sampai lembut)+75 gr kacang hijau (rendam dahulu sampai lembut)+gula aren secukupnya lalu dimasak menjadi bubur dan dimakan 1-2 kali sehari
7. Kulit delima putih
8. Ambil 2 rimpang kunyit+1 bonggol sereh+1 lembar daun sambiloto. Sema bahan ditumbuk halus dan dipipis. Kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat dan disaring. Minum ramuan tersebut selama seminggu berturut-turut.
9. Ramuan wortel impor dan okra (maaf resepnya hilang, silakan mencari di google dengan kata kunci: wortel impor, okra, dan tipes)
10. Madu exer pure honey (ini dari iklan di internet, entah manjur/tidak)

Catatan:
- Untuk rebusan ramuan gunakan panci kaca/panci tanah
- Jali dapat dibeli di supermarket/toko obat Tionghoa

Selama masa perawatan tipes dianjurkan untuk tidak makan dan minum yang merangsang (berminyak, pedas, asam, dingin, dsb) serta hindarilah aktivitas berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar