Kamis, 06 Oktober 2016

Saatnya Kilau Sang Ratu Mutiara Mengkilaukan Indonesia



Saatnya Kilau Sang Ratu Mutiara Mengkilaukan Indonesia
Indonesian South Sea Pearl, sang ratu mutiara Indonesia 

Beberapa negara pernah mengklaim Ratu Mutiara Indonesia sebagai miliknya. Beberapa orang pun berpikir Sang Ratu berasal dari Australia, Tahiti, atau Hawai. Dialah Indonesian South Sea Pearl (ISSP), Mutiara Laut Selatan (MLS) yang benar-benar asli Indonesia. Sudah saatnya kita meluruskan kesalahpahaman ini, yaitu melalui berbagai promosi bahwa Indonesia adalah produsennya, bahkan produsen terbesar dari South Sea Pearl (SSP) di dunia.

SSP merupakan salah satu dari 4 jenis mutiara yang mendominasi pasar dunia saat ini. Tiga jenis lainnya adalah Mutiara Akoya (Akoya Pearl/Mikimoto Pearl), Mutiara Hitam (Black Pearl/Tahitian Pearl), dan Mutiara Air Tawar Cina (China Fresh Water Pearl). SSP dihasilkan oleh Pinctada maxima, suatu spesies tiram mutiara laut. Indonesia bukan satu-satunya penghasil SSP; Australia, Filipina, dan Myanmar juga membudidayakannya. Ia hidup di perairan laut yang hangat, kaya nutrisi, dan bebas polusi. 

SSP yang dihasilkan di Indonesia disebut ISSP. ISSP mempunyai ciri khas berupa warna dan kilaunya yang tahan lama. Selain itu, ia juga memiliki ketebalan nacre yang sangat memuaskan dan bisa didapati dalam berbagai bentuk yang unik. 

Saatnya Kilau Sang Ratu Mutiara Mengkilaukan Indonesia
Macam-macam bentuk Indonesian South Sea Pearl


Sama seperti SSP lainnya, ISSP juga dihasilkan oleh Pinctada maxima, tepatnya varietas silver dan golden. Tiram ini bisa dibudidayakan di seluruh perairan Indonesia, seperti NTB, Maluku, dan Papua. Selain mutiara yang dihasilkan begitu istimewa, satu tiram hanya berisi satu mutiara, itupun dihasilkan selama 2-6 tahun; tak seperti seekor tiram Hyrriopsis sp. yang bisa menghasilkan banyak MAT hanya dalam sekali produksi. Itulah yang membuat jumlah ISSP di pasaran tak sebanyak MAT dan harganya menjadi lebih mahal.


Saatnya Kilau Sang Ratu Mutiara Mengkilaukan Indonesia
Tiram Pinctada maxima dengan 1 mutiara

Indonesian South Sea Pearl merupakan mutiara termegah, terindah, terbesar, dan termahal di dunia. Ia pernah dicanangkan sebagai salah satu mutiara terbaik dan terbesar di dunia dalam konferensi di Kobe tahun 1995. Namun, karena produsen mutiara di Indonesia mayoritas hasil joint ventures dengan Jepang dan Australia, maka dominansi Jepang cukup besar. Jepang kemudian membuat ISSP seolah-olah berasal dari negaranya. Di sisi lain, pemasaran ISSP pun masih mengandalkan pameran dan lelang di luar negeri. Baru pada 2015 Indonesia bisa melelangnya sendiri. Hal ini menyebabkan nama Indonesia sebagai produsen mutiara yang sesungguhnya tenggelam. Hanya Jepang dan negara-negara Eropa produsen mutiara yang masih menjadi rujukan pasar internasional. Mengetahui hal tersebut, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. Selain rajin diikutkan ke pameran internasional, sejak 2011, setiap tahunnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan Indonesian Pearl Festival (IPF). Diharapkan dengan adanya IPF ini kualitas, kuantitas, serta pemasaran mutiara di pasar domestik maupun internasional bisa meningkat. Tahun ini, 6th Indonesian Pearl Festival 2016 akan diadakan di Lippo Mall Kemang pada 9-13 November 2016. Tujuan dari IPF 2016 tersebut adalah untuk menguatkan branding dan mempromosikan Indonesia sebagai penghasil mutiara (ISSP) terbesar di dunia.


Saatnya Kilau Sang Ratu Mutiara Mengkilaukan Indonesia
Indonesian South Sea Pearl dalam bentuk perhiasan (kalung)



Lebih jauh lagi, jika melihat dari sisi teknologi, minimnya jumlah tenaga ahli berkualitas yang dimiliki serta sekolah-sekolah kelautan yang mempelajari mutiara membuat teknologi kita masih tertinggal dari negara penghasil mutiara lainnya. Sementara itu, perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia menolak untuk melakukan alih teknologi ataupun pengetahuan. Hal itu menyebabkan banyak mutiara diekspor dalam bentuk utuh, sedang yang berbentuk perhiasan hanya 20% dan itupun berdesain sederhana. Jepang, Korsel, dan Cina kemudian memanfaatkan hal ini dengan menjualnya kembali ke Indonesia dalam bentuk perhiasan sehingga harganya menjadi lebih mahal.

Kenyataan tersebut diperburuk dengan masuknya Mutiara Air Tawar (MAT) Cina ke Indonesia, mutiara yang kualitasnya lebih rendah dari ISSP. Masih banyak orang yang sulit membedakan antara MAT dengan ISSP, sehingga saat berharap mendapatkan ISSP di Indonesia ternyata yang dibeli adalah MAT (tertipu). 

Saatnya Kilau Sang Ratu Mutiara Mengkilaukan Indonesia
6th Indonesian Pearl Festival (IPF 2016) 

Agar ISSP bisa bersaing dan mengkilaukan Indonesia, beberapa tindakan telah diambil, misalnya: adanya Peraturan Menteri KP No. 8 tahun 2013, Peraturan Menteri tentang Pengendalian Mutiara yang keluar dari Wilayah Negara RI, SNI 4989:2011, Indonesia Quality Pearl Label (IQPL), perbaikan kualitas mutiara, pembangungan Broodstock Center Kekerangan di Karang Asem (Bali), perbaikan mekanisme pemasaran, penguatan branding, dan lain-lain. Ke depannya, penanganan ISSP perlu terus diperbaiki agar kilaunya untuk Indonesia bisa semakin indah dan cemerlang.



Sumber: 
http://rizqu.com/7-mutiara-cantik-dan-terkenal-di-dunia-part-2/
http://www.sindoweekly.com/highlight/daily/27-07-2016/kemilau-tiga-mutiara 
http://ghost88ghost99.blogspot.co.id/2011/02/3-mutiara-laut-terindah-di-dunia.html
http://mutiaralombokanapearl.com/news/14/Pemerintah-mengklaim-Mutiara-Laut-Selatan-South-Sea-Pearl
http://produkmutiara.blogspot.co.id/2009/12/mutiara-laut-selatan-ratunya-mutiara.html
http://www.kabarbisnis.com/read/2841545/ri-jadi-produsen-mutiara-laut-selatan-terbesar-dunia
http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2016/01/05/208425/kkp-gencar-promosikan-mutiara-indonesia
http://www.beritasatu.com/ekonomi/136906-indonesia-pemasok-terbesar-mutiara-laut-dunia.html
http://bsn.go.id/main/berita/berita_det/4720#.V_GqZTU-bIU
http://lomboknews.com/2014/02/20/rumah-mutiara-pertama-indonesia-di-lombok-tengah/
http://liputanislam.com/berita/penghasil-mutiara-terbesar-indonesia-hanya-ekspor-2-persen/
http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/36990
http://ilmupendakigunung.blogspot.co.id/2012/10/indonesia-surga-mutiara-terpendam-di.html
https://www.instagram.com/p/BLFl7nUDVgy/?taken-by=indonesianpearlfestival2016
Bahan Materi Lomba Tulis Blogger (Usaha Budidaya Mutiara Indonesia).pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar