Sabtu, 17 Juli 2010

CARA MENEMUKAN INSPIRASI

CARA MENEMUKAN INSPIRASI

Inspirasi terkadang muncul tanpa diduga karena itu bawalah selalu alat tulis kemana-mana. Jangan biarkan ide tersebut hilang begitu saja karena Anda lupa. Tangkaplah dengan mencatatnya segera setelah ide itu muncul. Namun adakalanya Anda begitu sulit menemukan ide tentang sesuatu hal. Nah jika hal itu menimpa Anda cobalah cara-cara berikut ini:
1. Perluas pergaulan, bergaullah dengan bermacam-macam orang
2. Tekuni hal-hal yang baru, tekuni kursus baru, dll
3. Ambil rute baru
4. Baca bacaan baru, ganti Koran/majalah Anda
5. Tonton acara yang tidak biasa Anda tonton
6. Belajar hal-hal yang baru
7. Bergabung dengan grup baru, diskusi tentang topik baru, dll
8. Berpikiran terbuka, apa yang diyakini benar di masa lalu belum tentu merupakan kebenaran yang sesungguhnya (ilmu semakin berkembang)
9. Rileks/refreshing, dalam keadaan rileks ide bisa saja muncul
10. Bayangkan Anda adalah orang yang serba bisa yang menjadikan segalanya menjadi “mungkin” terjadi (berimajinasi), jangan disensor dulu apa-apa yang muncul pada saat itu hanya karena Anda menganggapnya mustahil.
11. Brainstorming (curah gagasan)
12. Perhatian penuh: mengamati, mendengarkan, benar-benar hadir di situ pada saat itu sebagai satu kesatuan yang utuh (jadi sinkron antara pikiran, perasaan, indra, dan tubuh seluruhnya).
13. Ubah tata letak dan dekorasi kamar/ruang kerja Anda. Perubahan tata letak mungkin bisa membuat lebih fresh dan memperbaiki suasana hati Anda. Dalam keadaan suasana hati yang baik (tidak stress) peluang untuk munculnya ide lebih besar.
Beberapa hal di atas mungkin bisa membantu Anda untuk lebih mudah mendapatkan inspirasi. Semoga ada manfaatnya, dan…..Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar