Senin, 05 September 2016

Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya



Di masa lalu, tepatnya di era kerajaan Sriwijaya (abad ke-7 sampai 13M) dan kerajaan Majapahit (akhir abad 13M) Pulau Bangka hampir tak diperhatikan penguasa karena dianggap tak punya sumber daya alam potensial. Namun, sejak ditemukannya timah di sana tahun 1710, Bangka mulai dilirik. Kemudian di tahun 1813, Inggris (East india Company) menjadikan Pangkalpinang sebagai salah satu distrik tujuan eksplorasi timah di Indonesia selain Jebus, Klabat, Sungailiat, Merawang, Toboali, dan Belinyu. Sejak saat itu, Pangkalpinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai terkenal sebagai Kota Timah dan kota kecil pusat kegiatan perdagangan dan jasa di Pulau Bangka. 


Dan sebentar lagi pesona Pangkalpinang akan semakin meningkat dengan adanya 7 obyek wisata prestisius ini, yaitu Pemakaman Tionghoa Sentosa, Pantai Pasir Padi, Pantai Tanjung Bunga, Museum Timah Indonesia (House Hill), kejuaraan motocross MXGP tingkat dunia, green hospital, dan Bangka Botanical Garden (BBG).


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
 Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang
Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2016/03/01/atm-pangkalpinang-lapangan-bola-disulap-menjadi-tempat-rekreasi-keluarga

Hal itu didukung pula dengan posisi Pangkalpinang sebagai pintu gerbang Kepulauan Bangka Belitung, salah satu destinasi wisata terfavorit di Indonesia. Sebelum mengunjungi Kepulauan Bangka Belitung maka harus melewati ibukota provinsi yang ada di pantai timur pulau Bangka ini terlebih dahulu. Dengan posisi yang strategis ditambah dengan akomodasi yang sudah sangat lengkap maka 7 tempat wisata prestisius di atas sangat potensial untuk membuat mata dunia semakin tertuju padanya.


Berikut ini adalah obyek-obyek wisata tersebut:


1. Museum Timah Indonesia (House Hill)


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
Museum Timah Indonesia
Sumber: http://drwox.com/jejak-timah-di-bangka-belitung-ya-di-museum-timah/

Sejarah Pulau Bangka sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia sejak 1850-an hingga tahun 1900-an diabadikan dalam Museum Timah Indonesia. Tidak main-main, timah Bangka termasuk dalam salah satu dari timah terbaik di dunia.


Satu-satunya museum timah di Asia ini berada di jalan Ahmad Yani No 179 Pangkalpinang atau dekat dengan pusat kota. Ia memiliki nilai historis yang tinggi, tak hanya berkaitan dengan sejarah timah tetapi juga sejarah kemerdekaan Indonesia. Semula ia adalah rumah pejabat perusahaan timah Banka Tin Winnig (BTW) Bedryf, maka wajar jika kesan arsitektur kuno bergaya Belanda-nya terlihat jelas. Sebelum menjadi museum timah, rumah ini juga pernah dijadikan sebagai tempat perundingan pra Roem-Royen antara wakil pemerintah RI utusan Komisi Tiga Negara (KTN) dan utusan Pemerintahan Hindia Belanda. Kemudian fungsinya diubah lagi menjadi Museum Wisma Budaya setelah masa kemerdekaan dan baru dibuka sebagai Museum Timah Indonesia pada 1997.


Berbagai hal menarik terkait dunia pertimahan bisa ditemukan di sini, misalnya koleksi peralatan tradisional hingga modern yang digunakan oleh para penambang dahulu, sejarah perkembangan teknologi pertambangan sejak jaman Belanda hingga terkini, sejarah eksplorasi bijih timah dan proses peleburan timah di Bangka, manuskrip awal penulisan sejarah Bangka, diorama sejarah penambangan timah tempo dulu sejak abad ke 17, produk-produk kerajinan berbahan timah, bahkan menyaksikan proses pembuatan kerajinan dari bahan timah. 


Jika ingin datang ke sana, perhatikan jam buka-nya, yaitu hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 dan Minggu pukul 09.00-14.30, sedangkan di hari libur nasional museum ini tutup.

    


2. Bangka Botanical Garden (BBG)


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
Bangka Botanical Garden
Sumber: https://twitter.com/bangkaterkini/status/557776225125826562

Sebagai kota timah, risiko kerusakan akibat penambangan timah pastilah ada. Namun, Pangkalpinang berhasil mengubah kondisi tersebut dengan gerakan pemulihan lahan tambang di kawasan Ketapang, Kota Pangkalpinang. Hasilnya adalah Bangka Botanical Garden. Proyek percontohan yang dilakukan oleh pihak swasta ini telah berhasil menunjukkan bahwa lahan dengan pH (keasaman) di bawah 5 bisa kembali subur dengan berbagai jenis tanaman, tambak budidaya jenis ikan air tawar serta peternakan sapi perah dan potong. Bahkan mendapatkan penghargaan Kalpataru. Tempat yang dulunya adalah kolong (bekas galian tambang timah) dan lahan kritis (lahan gambut dan berpasir) disulap menjadi lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit dan pakan ternak. 


Dengan membaginya menjadi 3 konsep (peternakan, perkebunan, dan perikanan), taman seluas 300 hektar ini sekarang malah menjadi acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia dan menjadi kawasan ecotourism modern serta ikon kepedulian lingkungan masyarakat Bangka Belitung.


Di Bangka Botanical Garden terdapat danau dan rawa indah yang biasanya digunakan sebagai lokasi foto prewedding. Di sana kita juga bisa menikmati pemandangan kebun buah naga, jeruk, jambu, dan korma serta melihat peternakan sapi perah. 


Selepas dari Pantai Pasir Padi jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini ya! Dekat kok. Sudah bagus gratis lagi. Oke banget kan?



3. Pemakaman Tionghoa Sentosa


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
 Pemakaman Tionghoa Sentosa
Sumber: http://www.masdede.com/2016/04/sejarah-tradisi-ceng-beng.html

Masih tidak jauh-jauh dari timah, obyek wisata prestisius lainnya adalah Pemakaman Tionghoa Sentosa/Pemakaman Cina Sentosa (Tjung Hoa Kung Mu Yen). Banyaknya orang Cina di Pangkalpinang bermula dari meningkatnya kebutuhan akan pekerja di tambang timah. Sekitar tahun 1770, Sultan Palembang Darussalam, Mahmud Badaruddin II, kemudian mendatangkan buruh-buruh Cina dari Malaka/Malaysia dan bagian selatan Cina untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mereka lalu berbaur dan menikah dengan penduduk asli dan menyebabkan lahirnya etnis gabungan yang dominan di Pangkal Pinang.


Pemakaman Tionghoa Sentosa terdapat di Jalan Soekarno Hatta, Pangkalpinang. Disebut-sebut sebagai pemakaman Cina terbesar se-Asia Tenggara, pemakaman ini memiliki luas 27 hektar. Tapi jangan bayangkan bahwa luas tersebut akan membuat suasana semakin seram saat berada di sana. Tidak sama sekali. Sebaliknya, setiap makam seperti memancarkan keindahannya sendiri dan berbeda satu sama lain karena didesain dengan arsitektur yang unik, menarik, dan berwarna-warni.


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
Menerbangkan lampion dan harapan Cheng Beng 2016
Sumber: http://www.masdede.com/2016/04/sejarah-tradisi-ceng-beng.html

Setiap perayaan Cheng Beng (sembahyang kubur), Pemakaman Tionghoa Sentosa akan ramai, terutama pada puncaknya yang diadakan setiap tanggal 5 April. Ini tak lain disebabkan karena semua keluarga di perantauan akan datang bersembahyang dan memberi penghormatan terakhir di pemakaman yang dibangun pada tahun 1935 tersebut.




4. Pantai Pasir Padi


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
Pantai Pasir Padi
Sumber: http://pariwisata-pangkalpinang.blogspot.co.id/2012/03/wisata-alam-kota-pangkalpinang.html

Obyek wisata prestisius berikutnya adalah Pantai Pasir Padi, pantai yang terletak di desa Air Itam. Dinamakan Pasir Padi karena ukuran pasirnya panjang mirip bulir padi. Namun, berbeda dengan pasir pantai pada umumnya, pasir di sini teksturnya padat sehingga enak dilalui dengan berjalan maupun berkendara.


Di pantai Pasir Padi rencananya akan dibangun megaproyek Pasir Padi Waterfront City, kota baru di atas air terbesar se-Asia Tenggara. Wajar jika akhirnya fasilitasnya diperhatikan, yaitu dengan adanya rambu penunjuk arah, hotel berbintang 2, restoran seafood, resort, warung makan dan minum, permainan air, tempat persewaan kapal kecil, taman pinus, area outbond, serta area bermain anak.


Matahari terbit tampak begitu mempesona jika dilihat dari pantai ini. Jika telah puas memanjakan mata dengan keindahannya, kita bisa memilih untuk berenang, bermain pasir, layang-layang, voli pantai, sepakbola, atau berlomba motorcross. 


Dalam jarak sekitar 200 meter darinya terdapat Pulau Punai, pulau indah yang terbentuk dari karang dan bebatuan. Namun, untuk menuju ke sana kita harus bersabar menanti surutnya air laut.




5. Pantai Tanjung Bunga


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
Pantai Tanjung Bunga
Sumber: https://papinkavacation.wordpress.com/2015/03/27/pantai-tanjung-bunga-pangkalpinang/

Sekitar 2,5 km dari pantai Pasir Padi, terdapat Pantai Tanjung Bunga, yaitu suatu pantai datar berhiaskan serentetan formasi batuan besar yang tersusun rapi. Di sana terdapat perbukitan berpanorama memukau dan mengarah ke laut.


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
 Klenteng Dewi Laut Tanjung Bunga
Sumber: https://canvaskosong.wordpress.com/2016/01/24/klenteng-dewi-laut-tanjung-bunga/

Kesan prestisius yang dimiliki semakin meningkat dengan dikembangkannya lokasi ini menjadi kawasan peribadatan terpadu 6 agama. Kondisi masyarakat yang heterogen merupakan suatu kekayaan tersendiri bagi Pangkalpinang. Dan kawasan ini akan dijadikan sebagai tolok ukur persatuan (unity) sosial-budaya masyarakat Bangka sekaligus tempat perhelatan even-even religi dan budaya, misalnya perlombaan barongsai.


Kini, 3 di antara tempat peribadatan tersebut sudah dibangun (Hindu, Konghucu dan Budha), sedangkan 3 sisanya (Islam, Kristen dan Katolik) masih dalam proses.




6. Kejuaraan Motocross MXGP Tingkat Dunia


Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
Pangkalpinang jadi tuan rumah MXGP 2017
Sumber: http://sport.detik.com/sport-lain/3158764/indonesia-hadirkan-kejuaraan-dunia-motocross-pangkalpinang-jadi-tuan-rumah

Dari Pantai Tanjung Bunga kita beralih ke obyek wisata prestisius di bidang olahraga. Mulai tahun depan Circuit Sepang Malaysia akan mendapat saingan dari Indonesia. Selama 3 tahun, yaitu dari 2017 sampai 2019, kota Pangkalpinang akan segera menjadi tuan rumah Motocross MXGP tingkat dunia. Dengan even ini Pangkalpinang optimis pamornya akan melejit sehingga namanya akan dikenal sebagai “the best venue ini the world” (salah satu venue terbaik di dunia). 

Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya
 Kejuaraan motocross
 Sumber: http://www.radarbangka.co.id/berita/detail/pangkalpinang/38088/2017-pangkalpinang-tuan-rumah-mx-gp-internasional.html




7. Green Hospital


Tak hanya Malaysia yang ingin disaingi oleh Pangkalpinang, Singapura juga. Tetapi, bukan tentang motor cross lagi, kali ini tentang wisata berobat. Masih di tahun 2017 juga, Pangkalpinang akan membangun suatu green hospital sebagai cikal bakal dari pariwisata berobat. Nantinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jalan Sudirman, Pangkalpinang akan disulap menjadi green hospital terbaik di Indonesia, dan dalam 5-10 tahun ke depan disiapkan untuk menjadi jujugan berobat menggantikan Singapura.


Semuanya dikonsep secara ramah lingkungan, mulai dari mengelola limbah secara serius, menyapu habis bahan berbahaya, menggunakan panas AC untuk segala pemanasan di rumah sakit, menggunakan alat-alat kesehatan serta desain dan material bangunan yang ramah lingkungan, dan lain-lain.


Tak hanya itu, rumah sakit ini juga didesain sedemikian rupa sehingga lingkungan dan pelayanannya bisa mendukung pasien cepat sembuh. Tumbuhan hijau dan ruang terbuka hijau akan diperbanyak, rumah sakit akan didesain lebih rapi dan terpusat (tidak terpisah-pisah), tempat parkir dihilangkan (seluruh kendaraan langsung masuk ke basement), terdapat  residen untuk dokter terbang dan para perawat, serta dilengkapi pula dengan hotel dan mall. Mengagumkan, bukan?



Sebentar Lagi 7 Obyek Wisata Prestisius di Pangkalpinang Ini akan Membuat Mata Dunia Semakin Tertuju Padanya

RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, calon green hospital
Sumber: http://poskotanews.com/2016/07/17/dpd-ri-dukung-green-hospital-yang-diharapkan-jadi-ikon-pangkalpinang/


Perlahan tapi pasti Pangkalpinang terus membenahi dirinya. Dari yang semula diabaikan, menjadi terkenal di dunia karena timahnya, dan sesaat lagi 7 obyek wisata prestisius di atas akan membuatnya tak lagi dipandang sebelah mata. Semua mata dunia akan tertuju padanya. Betapa hebat #pesonapangkalpinang. Maju terus Pangkalpinang-ku, maju terus Indonesiaku!





Sumber:
http://news.detik.com/berita/3232706/rsud-pangkalpinang-akan-disulap-jadi-green-hospital-terbaik-di-indonesia
http://www.antarababel.com/berita/38408/wali-kota-pangkalpinang-akan-jadi-kota-internasional
http://ubb.ac.id/content/irwansyah-pangkalpinang-akan-jadi-kota-berkelas-dunia-gaet-patner-ubb
http://www.tribunnews.com/travel/2016/02/16/pantai-pasir-padi-pangkalpinang-pasirnya-unik-berukuran-panjang-mirip-bulir-padi?page=4
http://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/bangka-belitung/tempat-wisata-di-pangkalpinang-bangka
http://www.tribunnews.com/travel/2016/02/16/pantai-pasir-padi-pangkalpinang-pasirnya-unik-berukuran-panjang-mirip-bulir-padi
http://www.korankite.com/2017-pangkalpinang-gelar-motor-cross-mx-gp/
http://www.liswantipertiwi.com/2016/03/pangkalpinang-menyimpan-wisata-yang.html
http://kotadankabdibabel.blogspot.co.id/2015/10/wisata-pantai-kota-di-pangkalpinang.html
http://bangka.tribunnews.com/2016/08/26/ada-kisah-mistis-dibalik-sejarah-timah-yang-disajikan-di-museum-timah-pangkalpinang

4 komentar:

  1. Pantai pasirpadinya itu lo bikin mupengggg..

    BalasHapus
  2. wah banyak yg bisa dikunjungi, aad kelenteng pula, aku suka sekali lihat kelenteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak banget. Yang 7 ini hanya yang berskala internasional.

      Hapus