Senin, 20 Juni 2016

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara



Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

Patung Dawet Ayu Banjarnegara
Sumber: http://purwokertokita.com/ragam/mengenang-kembali-bioskop-cahyana-bagian-2.html

Mendinginkan hati dan pikiran dengan berwisata air di Banjarnegara. Kapan terakhir kali Anda sumpek, jenuh, bete, sedih, atau marah? Masalah rumah tangga, pekerjaan, sekolah, macet dan panasnya kota, bahkan mungkin masalah politik bisa membuat otak Anda panas dan full. Begitupun dengan rutinitas sehari-hari, dampaknya kurang lebih sama. Kalau sudah begini tak hanya mood yang akan terpengaruh tetapi juga kecepatan atau kualitas kerja, interaksi dengan orang lain, kesehatan, atau lainnya. Akhirnya muncul sebuah jargon yang meluas, “Gara-gara kurang piknik”.
Sebagian orang menolak jargon ini dan berkata, “Bukan kurang piknik, tapi kurang ibadah/zikir”. No, dua-duanya penting. Ibadah dan zikir penting, piknik juga. Manusia itu butuh keseimbangan.
 Nah, jika Anda sedang terjangkit gejala panas hati dan pikiran, apa yang biasanya dilakukan? Kalau saya berpikiran sederhana, yang panas-panas kan biasanya disimbolkan dengan api dan api itu hanya bisa dipadamkan/didinginkan dengan air. Jadi, bagaimana dengan ide untuk berwisata air? Untuk tempatnya, bagaimana kalau Banjarnegara? Kenapa? Karena pariwisata Banjarnegara adalah surganya wisata air. Ada banyak wisata air di sana yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan, kebutuhan, atau kepribadian Anda.

Banjarnegara di mana?

Banjarnegara ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan langsung dengan Wonosobo di bagian timur, Pekalongan dan Batang di bagian utara, Banyumas di bagian barat, serta Kebumen di bagian selatan.

Objek Wisata Banjarnegara

Kembali pada mengapa saya merekomendasikan tempat wisata di Banjarnegara Jawa Tengah karena kota ini udaranya sejuk dan bersih. Itu wajar karena wilayahnya yang sebagian besar berupa dataran tinggi. Sangat sesuai bukan untuk tujuan refreshing orang-orang dari kota yang panas dan macet atau mereka yang sedang panas otaknya?

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Dieng Plateau
Sumber: http://sun-btravel.blogspot.co.id/2015/11/dieng-plateau-dengan-13-fakta-unik.html

Salah satu dataran tinggi yang terkenal di Indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng dan ternyata sebagian besar dari dataran tinggi ini wilayahnya masuk Banjarnegara. Di kawasan Dieng saja sudah banyak wisatanya, mayoritas berupa wisata air atau wisata candi, belum di tempat lainnya.

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Dieng Plateau dan "seribu candi"-nya
Sumber: http://www.dieng.id/

Wisata Air di Banjarnegara

Banjarnegara sebenarnya memiliki banyak tempat wisata dan jenisnya juga beranekaragam. Wisata Banjarnegara misalnya Air panas Pangit, Dieng Plateau Theatre, Museum Kaliasa, Telaga Balekambang, D’Qiano Waterpark, Curug Pletuk, Curug Pundung Sewu, dan lain-lain. Di antara mereka ada yang termasuk dalam wisata air dan ada pula yang tidak. Namun di sini saya hanya akan membahas terutama tentang wisata air Banjarnegara, karena dari wisata airnya saja Banjarnegara sudah sangat menarik.

Inilah contoh wisata air di kota Banjarnegara yang sekiranya cocok untuk mendinginkan hati dan pikiran:

1.    Berarung jeram di Sungai Serayu

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Berarung jeram di sungai Serayu
Sumber: http://www.citraperkasatour.com/2012/02/rafting-sungai-serayu.html

Bete karena tim di perusahaan kurang solid? Butuh petualangan? Mengapa tidak coba melakukan arung jeram? Jenis wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa sporty atau untuk perusahaan yang ingin memupuk kerja sama tim. Sambil melepas penat hati, rasakan sensasi liukan perahu karet membawa tubuh menyusuri jernih dan derasnya aliran Sungai Serayu.
Sungai Serayu merupakan salah satu tempat wisata alam di Banjarnegara. Sungai ini mengalir melalui 5 kabupaten di Jawa Tengah, termasuk Banjarnegara. Di Banjarnegara sendiri jalur arung jeramnya memiliki tingkat kesulitan grade III-IV. Uniknya lagi, debit air dari Sungai Serayu tidak terpengaruh oleh musim hujan, sehingga bisa dijadikan wahana arung jeram sepanjang tahun. Dengan fasilitas demikian ditambah dengan lokasi yang dekat jalan raya utama maka wajar jika di sini pernah dijadikan sebagai tempat perlombaan arung jeram berskala nasional maupun internasional. Tapi jangan khawatir, meski grade-nya tinggi Anda masih bisa ikut mencobanya, karena di sana disediakan berbagai jarak tempuh yang bisa dipilih. Bagi pemula sebaiknya coba dulu jarak terpendek karena yang terpanjang jaraknya 26 km dan membutuhkan waktu 5 jam untuk menempuhnya.

2.    Selfie ala luar negeri ada di sini

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Surya Yudha Park Banjarnegara
Sumber:  http://phinemo.com/city-guide-7-hal-yang-akan-kamu-dapat-di-banjarnegara/

Di mana? Di kawasan wisata terpadu Surya Yudha Park Banjarnegara. Di situ ada patung Liberty dan Merlion sebagai replika dari ikon New York dan Singapura. Keduanya dibangun berdampingan. Anda yang suka selfie atau wefie bisa berfoto di sini tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri dan mengeluarkan kocek yang besar. Bagi orang-orang seperti ini berfoto-foto ria bisa menjadi obat stres yang ampuh. Berasa seperti liburan di luar negeri dan bergaya seakan-akan sedang di luar negeri atau sudah pernah ke luar negeri.

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Surya Yudha Waterpark Banjarnegara 
Sumber: http://www.suryayudha.com/id/park/waterparkboom

Tak hanya menyajikan patung Liberty dan Merlion, Surya Yudha Park juga dilengkapi dengan wahana wisata lain, seperti waterpark, sport centre, hotel, flying fox, arung jeram, bebek air, serta outbond. Banyak pilihannya. Tertarik untuk berfoto ria? Datang saja ke Jalan Raya Karang Kobar Km 1 Desa Rejasa, Banjarnegara. 

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

Serayu Park Banjarnegara 
Sumber: http://www.serayupark.com/?Waterboom

Belum puas dengan Surya Yudha Park dan ingin berkunjung ke taman atau waterpark yang lain? Masih banyak kok pilihannya. Ada Serayu park Banjarnegara, taman rekreasi Anglir Mendung, dan D’Qiano waterpark. Khusus di D’Qiano waterpark ada kolam terapi dan flying fox-nya juga lho. Pokoknya seru banget deh!

3.    Memancing di “pantai”-nya Banjarnegara
Kata orang memancing itu melatih kesabaran. Saat hati dan pikiran panas Anda butuh kesabaran ekstra untuk mendinginkannya. Anda bisa memancing di sini, di Waduk Mrica, waduk yang sering disebut sebagai “pantai”-nya Banjarnegara. Maklum, kabupaten ini memang tidak memiliki pantai.

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Waduk Mrica
Sumber: Ngadem.com (Foto Dari @bennysorata)

Waduk Mrica berlokasi di Kecamatan Bawang. Dikenal pula dengan nama Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Konon ia merupakan danau buatan terbesar di Asia Tenggara, dengan total panjang mencapai 6,5 km dan luas mencapai 1.250 hektar.

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Waduk Mrica
Sumber: http://wongcrewchild.blogspot.co.id/2015/04/waduk-mrica-banjarnegara-jawa-tengah.html

Sebagaimana waduk yang lain, fungsi utamanya adalah untuk PLTA dan irigasi. Namun, area tersebut sudah dikembangkan sehingga menjadi objek wisata. Sangat asyik jika digunakan untuk memancing. Atau kalau Anda pergi dengan orang-orang tercinta Anda bisa berkeliling waduk dengan naik perahu motor sambil menikmati indahnya perbukitan. Tersedia pula area permainan anak untuk membuat si kecil betah jika diajak turut serta. Ada pula tempat permainan golf dan panggung terbuka di sana. Menarik, bukan?

4.    Wisata telaga yang memanjakan mata
Mata, tak jarang juga menjadi sumber dari panasnya hati dan pikiran. Kejenuhan dari rutinitas kerja/aktivitas sehari-hari, kelelahan mata karena terlalu lama di depan komputer, atau hal-hal semacamnya membuat mata juga perlu mendapatkan perlakuan yang istimewa. Istirahatkan mata Anda sejenak dan biarkan ia menikmati indahnya wisata telaga.

Telaga-telaga di bawah ini sangat cocok untuk memanjakan mata:

a.      Telaga Merdada, telaga tadah hujan

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Telaga Merdada
Sumber: http://log.viva.co.id/news/read/708467-tiga-daya-tarik-dari-telaga-merdada-dieng

Telaga Merdada terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur. Saya menyebutnya telaga tadah hujan karena sumber airnya hanya berasal dari air hujan. Telaga yang terluas di Dieng ini sejatinya adalah bekas kepundan yang berisi air. Luasnya mencapai 25 hektare dan dikelilingi oleh dua bukit, yaitu Bukit Pangonan serta Bukit Semurup. Sehari-harinya air telaga digunakan para petani kentang dan kubis untuk mengairi sawah, namun nantinya kawasan itu akan dikembangkan menjadi wana wisata air, yang dilengkapi taman bunga, perahu wisata, hingga sejumlah fasilitas lainnya. Soal pemandangan jangan ditanya lagi, airnya biru mempesona.

b.      Telaga Warna
 
Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

Telaga Warna Dieng
Sumber: http://nuswantaranews.blogspot.co.id/2014/01/keindahan-fenomena-alam-telaga-warna.html

Tempat lain yang layak untuk dikunjungi adalah Telaga Warna. Telaga ini terbentuk akibat terpanaskannya air dalam perut bumi. Warna airnya unik, bisa berubah-ubah dari merah ke hijau, biru, putih, atau  lembayung. Semua ini terjadi karena kandungan belerangnya tinggi sehingga jika terkena matahari akan menimbulkan warna yang berbeda.
Pada ketinggian 2000 m dpl pemandangan indah dari Telaga Warna ini bisa dinikmati. Setiap bulan Suro/Muharram telaga di Dieng tersebut digunakan sebagai tempat melarung rambut gimbal hasil dari prosesi ruwatan massal di kompleks Candi Arjuna.
Puas menikmati Telaga Warna kunjungi pula Telaga Pengilon yang ada di sebelahnya. Pesona air telaga yang jernih berpadu dengan asri dan hijaunya perbukitan sangat bagus untuk diabadikan ke dalam foto.

c.       Mengunjungi “Telaga di atas Awan”

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

Telaga Cebong
Sumber: http://www.travelerien.com/2015/04/terpesona-dieng-tertawan-telaga-telaga.html (By Katerina)

Selain Telaga Warna, destinasi wisata di kawasan Dieng lainnya adalah Telaga Cebong. Telaga ini terdapat di antara lahan pertanian penduduk, yaitu di Desa Sembungan, desa tertinggi di Jawa Tengah. Orang-orang menyebutnya Telaga di atas Awan karena berada pada ketinggian 2300 m dpl. Biasanya para wisatawan yang baru saja menikmati sunrise di Puncak Sikunir akan mampir dulu ke telaga ini karena lokasi keduanya berdekatan.

d.      Berkemah di Telaga Dringo

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Telaga Dringo
Sumber: http://www.panoramadieng.com/2016/03/11/telaga-dringo-ranukumbolo-rasa-dieng/

Telaga Dringo di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur merupakan salah satu telaga yang terbentuk akibat letusan gunung. Tempatnya masih tersembunyi namun sangat cocok digunakan untuk berkemah. Daerahnya berketinggian 2.222 m dpl jadi lumayan dingin. Banyak yang mengatakan bahwa telaga ini adalah KW supernya Ranu Kumbolo di Semeru. Anda yang pernah ke Ranukumbolo mungkin sudah bisa membayangkan keindahannya. Rugi jika Anda tidak ke sana.

5.    Wisata curug (air terjun)
Dataran tinggi identik dengan curug/air terjun. Banjarnegara pun demikian, termasuk ke dalam salah satu dari kota seribu curug. Banyak sekali curug di sini, misalnya Curug Sirawe, Curug Kasinoman, Curug Pletuk, Curug Sinoman, Curug Sikopel, Curug Pitu, Curug Mrawu, dan sebagainya. Sudah bukan rahasia lagi ya kalau pada umumnya curug itu sejuk dan mempesona, suatu modal yang cocok untuk mendinginkan hati dan pikiran Anda. Namun, ada lagi keistimewaannya. Apa coba? Macam-macam, misalnya seperti ini:

a.      Curug Sirawe

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Curug Sirawe
Sumber: http://xyztempatwisata.com/tempat-wisata-di-banjarnegara/


Curug Sirawe terletak di daerah barat Dieng, tepatnya di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur. Anda yang ingin bermain air di curug ini tidak perlu takut kedinginan karena ia mengalirkan air dingin dan panas sekaligus.
Pengunjung curug ini masih sedikit karena perjalanan menuju ke sana agak sulit. Namun, di sepanjang perjalanan mata Anda akan dijamu oleh berbagai tumbuhan yang sangat asri dan hijau. Apalagi setelah sampai, pesona curug ini sudah menyambut dengan keindahannya.

b.      Curug Pitu
Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Curug Pitu
Sumber:http://kacamatawisata.blogspot.co.id/2016/03/objek-wisata-air-terjun-curug-pitu.html

Menikmati surga dunia pasti membuat panas hati hilang. Surga dunia itu ada di  Curug Pitu Banjarnegara. Mandi atau berendam di sana serasa berada di kahyangan. Terdiri dari tujuh (pitu) tingkat, masing-masing tingkat memiliki ketinggian yang berbeda. Semuanya indah, namun jangan lewatkan bagian puncak air terjunnya yang pastinya tak kalah indah. Anda bisa menggunakan tangga yang sudah disediakan untuk berpindah dari satu tingkat ke tingkat lainnya dan menikmati keindahan dari masing-masing air terjun tersebut.
Curug ini terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, dekat dengan pusat salak pondoh. Jalurnya masih sulit dilalui. Meski demikian di sana sudah terdapat berbagai fasilitas seperti panggung terbuka, tempat parkir, toilet, loket tiket, jalan setapak, dan gardu pandang. Yang suka camping juga bisa pasang tenda di sana. Asyik, bukan? Apalagi jika datangnya bersama dengan teman-teman.

c.       Curug Mrawu

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Curug Mrawu
Sumber: http://diasporaiqbal.blogspot.co.id/2013/09/tiga-surga-air-yang-menyatu-di-giri.html (By Iqbal Kautsar)

Curug Mrawu tak kalah indah dari Curug Pitu. Sama-sama laksana surga. Letaknya di Desa Giri Tirta Kecamatan Pejawaran, dekat dengan Curug Genting dan Mata air panas Giri Tirta. Sebagaimana Curug Pitu, lokasi Curug Mrawu sulit dijangkau. Tersembunyi di antara ladang sayur warga dengan petunjuk arah yang masih minim.
Sesampai di sana Anda akan menemukan kolam yang cukup lapang untuk berenang. Di kanan kirinya terdapat sumber air panas yang membuat kolam bercampur warna merah jingga. Jadi, airnya ada yang panas dan ada yang dingin. Begitu indahnya curug ini sampai-sampai seorang blogger menggelarinya sebagai air terjun terindah ke-2 di Jawa setelah Madakaripura di lereng Bromo.

d.      Curug Genting

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Curug Genting
Sumber: https://inyongyudi.wordpress.com/2015/08/06/curug-genting-desa-giritirta-banjarnegara/

Dari jarak 1 km dari Curug Mrawu terdapat Curug Genting. Kalau ditempuh dengan berjalan dari Dusun Melikan membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.
Curug Genting tingginya 70 meter. Debit airnya yang sangat tinggi membuat gemuruhnya bisa terdengar sampai jauh. Curug ini masih sepi pengunjung dan sepertinya belum dikelola menjadi tempat wisata.

e.       Curug Sikopel

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Curug Sikopel
Sumber: http://sikopel.blogspot.co.id/

Curug Sikopel terletak di desa Babadan, Kecamatan Pagentan. Panorama alamnya indah dan udaranya sejuk, sedangkan airnya dipercaya bisa membuat awet muda. Selain itu, di sini juga terkadang dapat ditemui kawanan kera atau tikus putih yang hidup di goa yang ada di sekitar air terjun.

f.       Menikmati suasana romantis di Curug Sinom Indah

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Curug Sinom Indah
Sumber: http://seripatsa.blogspot.co.id/2015/10/gaya-alam-curug-sinoman.html

Romantisme, salah satu kata yang sangat pas digunakan untuk mengatasi stres. Jalan-jalan bersama pasangan ke Curug Sinom Indah bisa menjadi pilihan. Curug ini terletak di Desa Kasinoman Kecamatan Kalibening sehingga dikenal juga dengan sebutan Curug Kasinoman.
Saat menuju ke sana Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang masih asri dengan hutan-hutan pinus di sekelilingnya. Ada banyak tempat romantis di hutan itu. Berjalan-jalan bersama pasangan ditemani dengan merdunya kicau burung rasanya bisa menjadi resep ampuh untuk menghangatkan kembali hubungan cinta Anda dengan Si Dia. Belum lagi setelah sampai di curug yang konon tak pernah kering airnya ini, Anda bisa meneguk airnya, mandi, atau berfoto ria untuk mengabadikan momen indah kalian. Teruslah naik pada tingkat demi tingkatnya dan Anda akan menemukan kolam yang luas pada puncaknya. Jangan lupa pula untuk mengenakan jaket tebal saat ke sana agar tubuh bisa tetap nyaman di tengah-tengah udara yang dingin.

g.      Curug Muncar

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Curug Muncar
Sumber: http://wisatawanalam.blogspot.co.id/

Curug Muncar berketinggian lebih dari 40 meter. Salah satu curug terbagus di Banjarnegara ini berada dekat dengan Purworejo, tepatnya di lereng Gunung Ragajambangan.

6.    Wisata kawah, mengingatkan pada Sang Pencipta
Kawah identik dengan sesuatu yang panas. Bagaimana melihat kawah bisa menghilangkan panas hati dan pikiran Anda bisa dijelaskan seperti ini. Ketika Anda melihat kawah Anda mungkin ingat akan kebesaran Tuhan. Betapa luar biasa penciptaan dari kawah tersebut atau bahkan Anda akan teringat neraka (yang juga panas), sehingga Anda akan menganggap remeh persoalan yang membuat panas hati/pikiran Anda tersebut atau ingat akan dosa-dosa. Dari situ kemudian untuk ke depannya Anda akan lebih berhati-hati sehingga tidak mudah berbuat dosa dan lebih memperbaiki diri.
Itu hanya salah satu aspek. Pada aspek lain, aspek olahraga atau aspek bepergian bersama teman misalnya itu juga bisa memberikan efek yang menyembuhkan/memperbaiki mood.

Berikut ini adalah beberapa kawah yang menarik di Banjarnegara:
a.      Kawah Sikidang
 

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

Kawah Sikidang
Sumber:  http://www.sangpangemong.com/2015/07/obyek-wisata-kawah-sikidang-banjarnegara.html

Kawah Sikidang merupakan objek wisata yang paling banyak diminati oleh pengunjung yang berlibur ke Banjarnegara. Lokasinya di kompleks Candi Arjuna, dataran tinggi Dieng. Ia memiliki keunikan berupa lubang kepundan yang bisa berpindah tempat seperti seekor kijang. Oleh karena itu dinamakan Sikidang.
Selain menyuguhkan pemandangan kawah, Anda juga bisa berkeliling di sekitarnya dengan menyewa kuda, sepeda gunung, motor trail atau ATV. Namun hati-hati ya karena di tempat itu kadar belerangnya sangat tinggi.

b.      Kawah Sileri

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Kawah Sileri
Sumber: http://panduanwisatadieng.com/wisata/kawah-sileri/

Kalau Sikidang berhubungan dengan kijang, maka Sileri berhubungan dengan leri (air cucian beras). Air kawah Sileri memang berwarna putih susu seperti leri. Kawah yang satu ini juga ada di Dieng, tepatnya di lereng Gunung Pagergedang.

c.       Kawah Candradimuka

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Kawah Candradimuka
Sumber: http://www.pesonadieng.com/2012/04/koleksi-foto-kawah-candradimuka.html

Kawah Candradimuka terjadi karena letusan gunung Pagerkandang dan menyebabkan tanah di sekitar lereng gunung merekah. Karena dianggap bertuah maka setiap tanggal 1 Suro di sana digunakan sebagai tempat prosesi ruwatan.

7.    Sumber air panas Giri Tirta

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Sumber air panas Giri Tirta
Sumber: http://adigunaku.blogspot.co.id/2015/04/surga-tersembunyi-di-giritirta-pejawaran.html

Letaknya sekitar 200 meter dari Curug Mrawu dan 100 meter dari Curug Genting. Untuk menuju ke sumber air panas Giri Tirta Anda harus melewati pematang sempit dan juga ladang sayur warga. Air hangat mengalir dari mata air di lereng bukit sebelah atas melalui “jalan” yang terbentuk dari tanah yang menguning akibat reaksi kimia belerang. Bau belerang pun tercium, namun jangan sampai hal tersebut menyurutkan niat Anda untuk datang atau melanjutkan perjalanan. Pakai saja masker!
Tempat ini sangat mempesona. Saat membasuh wajah atau mencelupkan kaki ke dalamnya rasakanlah hangatnya air yang seakan kontras dengan sejuknya hawa di lereng itu. Seolah menjadi magnet yang menarik setiap pengunjungnya untuk mandi air panas di sana. Apalagi debit airnya besar dan tidak terpengaruh oleh musim kemarau sekalipun.

8.        Berenang sambil belajar di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas
 
Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas 
Sumber: http://salingshar3.blogspot.co.id/2015/04/trms-serulingmas.html

Taman ini merupakan salah satu wisata andalan di Banjarnegara dan sudah masuk lembaga konservasi untuk pemberdayaan satwa langka. Awalnya dikenal dengan nama Selamanik, karena adanya makam Ki Ageng Selamanik di dekatnya.
Di dalam wisata Banjarnegara Serulingmas terdapat kebun binatang. Kelucuan tingkah dari berbagai binatang atau keindahan tubuh dan suaranya cukup untuk bisa menghibur suasana hati yang sedang gundah. Kalau hal itu belum cukup coba saja bermain-main di kolam renangnya yang sudah berstandar internasional atau ikut ambil bagian dalam kegiatan outbond. Kalau masih belum cocok juga mungkin melihat panggung terbuka bisa menjadi alternatif pilihan. Jika Si Kecil ikut, bisa juga diajak menuju ke arena permainan anak.
Tertarik untuk ke sana? Taman ini berada di Kecamatan Bawang, sangat mudah diakses oleh pengunjung karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota.

9.        Sumur Jalatunda

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Sumur Jalatunda
Sumber: http://travel.detik.com/readfoto/2011/06/09/103009/1516573/1026/1/make-a-wish-di-sumur-jalatunda


Sumur Jalatunda terletak di Dieng. Lokasinya tersembunyi dan harus ditempuh dengan menaiki 257 anak tangga terlebih dahulu. Sumur berwarna hijau pekat ini sebenarnya berasal dari letusan gunung berapi yang kemudian membentuk kawah. Kawah itu lama-kelamaan berisi air dan jadilah Sumur Jalatunda. Nama Jalatunda sendiri artinya sumur yang besar atau luas dalam bahasa Jawa, sesuai dengan ukurannya yang berdiameter 90 meter dan berkedalaman 100 meter.

10.    Jangan lupa untuk mendinginkan perut!

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
Dawet Ayu Banjarnegara
Sumber:  http://husenannas.blogspot.co.id/2014/03/minuman-es-dawet-ayu-khas-banjarnegara.html

Kadang-kadang, kelaparan atau kehausan juga bisa membuat hati atau pikiran menjadi panas. Jangan sampai hal itu terjadi! Jika haus melanda Anda saat tiba di Banjarnegara atasi dengan minum dawet ayu atau es kuwut, minuman khas dari daerah ini.
Dawet ayu khas Banjarnegara terbuat dari perpaduan antara cendol yang terbuat dari tepung beras dan tepung beras ketan beraroma pandan, santan kelapa, gula aren, dan durian. Rasanya kenyal, segar, dan sangat lezat. Wajar jika akhirnya ia terpilih sebagai minuman khas utama di kota ini dan dibuatkan maskotnya di alun-alun Kota Banjarnegara.

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

Mareng, simbol dawet ayu banjarnegara
Sumber: https://chila710.wordpress.com/2013/09/29/dawet-ayu/

Selain terbuat dari tepung beras, dawet ayu banjarnegara juga punya ciri khas lain. Ciri khas tersebut adalah  gambar Semar dan Gareng pada gerobaknya. Ada yang meyebutkan bahwa itu adalah simbolisme dari gabungan kata keduanya yaitu MARENG yang dalam bahasa Banyumas berarti kemarau. Mar dari seMAR dan Reng dari GaRENG. Jadi maksudnya, jika musim kemarau tiba cuaca akan panas dan selalu merasa haus, maka minuman yang paling tepat untuk dinikmati adalah dawet ayu, atau bisa juga sebagai simbol dari penjual yang menginginkan musim kemarau agar dawetnya laris.

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara

 Es kuwut Banjarnegara
Sumber: http://menuasik.com/es-kuwut-khas-banjarnegara/

Satu lagi yang juga merupakan minuman khas Banjarnegara yaitu es kuwut. Orang luar Banjarnegara mungkin belum banyak yang tahu. Es ini terbuat dari campuran kelapa muda, melon, sirup, gula, air kelapa, dan campuran jeruk nipis. Rasanya asam manis segar. Baik dawet ayu maupun es kuwut bisa dicicipi saat berada di alun-alun kota Banjarnegara. Namun, di tempat lain mungkin juga ada karena keduanya merupakan minuman khas daerah sana. 

Mendinginkan Hati dan Pikiran dengan Berwisata Air di Banjarnegara
 Golden dan silver sunrise
Sumber: http://sikunirdieng.com dan citizen6.liputan6.com

Jika Anda sudah sampai di Banjarnegara, rasanya sayang kalau langsung pulang dan melewatkan yang satu ini. Bukan wisata air sih, tapi sangat menarik sekaligus langka. Saya menyebutnya dengan Duo Sunrise karena matahari di sana terbit 2 kali. Matahari terbit yang pertama dapat disaksikan dari Gunung Sikunir atau gardu pandang Tieng, dengan warna merah kekuning-kuningan (Golden Sunrise). Sedangkan matahari terbit yang kedua, kurang lebih selang 25 menit dari terbit yang pertama, dapat dilihat dari kompleks Candi Arjuna, dengan warna perak keputih-putihan (Silver Sunrise). Fenomena alam yang langka ini pasti akan membuat Anda terkagum-kagum dan bukan tak mungkin panas hati dan pikiran pun menjadi hilang.
Yah sebenarnya masih banyak sih wisata Banjarnegara Jateng lainnya, tapi semoga dengan mencoba wisata air dan duo sunrise ini sudah cukup untuk membuat perasaan hati Anda membaik sepulang dari sana, pikiran fresh, dan siap untuk beraktivitas kembali.

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara
(Ayo Wisata ke Banjarnegara)

 


Referensi:
http://visitcentraljava.com/
http://www.tribunnews.com/
http://www.nomadictrip.com/2015/05/obyek-wisata-di-banjarnegara-jawa.html
http://www.harianjateng.com/2016/01/daftar-wisata-banjarnegara-murah-paling.html
http://www.hipwee.com/travel/8-banjarnegara/
http://log.viva.co.id/
http://kulineraslibanyumas.blogspot.co.id/2014/09/dawet-ayu-banjarnegara.html
http://id.ensiklopedia.dorar.info/2016/01/keunikan-rafting-di-sungai-serayu.html
http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/
http://www.idtempatwisata.com/2015/07/6-tempat-wisata-di-banjarnegara-yang.html
http://www.kompasiana.com/
http://www.maringetrip.com/2016/02/curug-air-terjun-sikopel.html
http://ngadem.com/tempat-wisata-tersembunyi-di-banjarnegara/
http://photoparse.blogspot.co.id/2015/01/wisata-romantis-curug-kasinoman.html
https://www.facebook.com/BeritaBanjarnegara/posts/883871361672723:0
http://kodokngorekid.blogspot.co.id/
http://www.wovgo.com/
http://citizen6.liputan6.com/
http://chyrun.com/wisata-buatan-dan-wisata-alam-kabupaten-banjarnegara/
http://feriachik.blogspot.co.id/2015/12/misteri-dari-desa-gumelem-banjarnegara.html
http://www.radarkampus.com/2016/02/surga-wisata-banjarnegara-yang-patut.html
http://diasporaiqbal.blogspot.co.id/2013/09/tiga-surga-air-yang-menyatu-di-giri.html
http://klikdieng.com/wisata-arung-jeram-di-serayu-banjarnegara/
http://menuasik.com/es-kuwut-khas-banjarnegara/
http://www.banjarnegarakab.go.id
http://obyekwisatadieng.com/2015/02/06/inilah-keunikan-telaga-dringo/
http://mytrip123.com/keren-11-tempat-wisata-di-kabupaten-banjarnegara/

2 komentar:

  1. Waow banyak banget ya wisatanya, kren keren banget Banjarnegara. Btw jangan lupa komentarnya ya di http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/06/mayuh-plesir-maring-banjarnegara-akeh.html terimakasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang keren. Apalagi banyak air terjunnya. Aku suka banget sama air terjun.

      Hapus