Sabtu, 08 Oktober 2016

Indonesia South Sea Pearl, Mutiara Penuh Pesona dari Laut Indonesia



Indonesia South Sea Pearl, Mutiara Penuh Pesona dari Laut Indonesia
Indonesia South Sea Pearl

Agaknya, kesan perhiasan begitu melekat pada Indonesia. Pertama, terkait dengan julukannya sebagai zamrud khatulistiwa. Kedua, ternyata Indonesia juga merupakan penghasil Mutiara Laut Selatan (MLS) terbesar di dunia. Keren, bukan?

Masih tak jauh-jauh dari perhiasan, dialah sosok wanita. Sosok indah ciptaan Tuhan ini begitu menyukai yang namanya perhiasan. Bahkan, di dalam Islam, istri shalihah disebut-sebut sebagai perhiasan dunia. Lalu bagaimana jika keindahan wanita bertemu dengan keindahan sang ratu mutiara asli Indonesia? Jawabannya adalah pesona keindahan yang tiada tara.

Indonesia South Sea Pearl, Mutiara Penuh Pesona dari Laut Indonesia
Indonesia South Sea Pearl

Dialah ratu mutiara itu (queen of pearls), Mutiara Laut Selatan (MLS)/South Sea Pearl (SSP). Di dunia internasional, MLS asli Indonesia dikenal sebagai Indonesian South Sea Pearl (ISSP). Layaknya ratu di dunia manusia, ISSP disebut ratu karena pasti mempunyai keistimewaan tersendiri. Ada banyak hal yang bisa menjadikannya istimewa, di antaranya adalah ukurannya yang bisa mencapai 22 mm, ketebalan lapisan nacrenya, kilaunya, hingga proses produksinya yang membutuhkan waktu 2-6 tahun. Selain itu, dalam sekali produksi, tiram penghasilnya hanya mampu menghasilkan 1 butir mutiara. Tiram itu adalah Pinctada maxima varietas silver atau golden. Kondisi ini berbeda dengan mutiara air tawar Cina (MATC)/China Fresh Water Pearl (CFWP). Tiram Hyrriopsis sp. tidak hanya menghasilkan 1 mutiara, tetapi sekaligus banyak MATC hanya dalam sekali produksi. Akibatnya, jumlah ISSP di pasaran tidak sebanyak MATC dan menjadi semakin eksklusif. Bayangkan, jika dalam setahun MLS hanya diproduksi sebanyak 10-12 ton, MATC bisa diproduksi sebanyak kurang lebih 5000 ton per tahunnya. Ini membuat harga ISSP menjadi lebih mahal darinya. Belum lagi jika ISSP tersebut telah dibentuk menjadi perhiasan, didesain dengan sangat menarik, atau dikombinasikan dengan batu-batu mulia lainnya. Wow, benar-benar akan menghasilkan suatu mahakarya yang luar biasa!

Indonesia South Sea Pearl, Mutiara Penuh Pesona dari Laut Indonesia
Indonesia South Sea Pearl

Pesona sang ratu mutiara ini begitu menggoda. Pantas saja beberapa artis luar negeri juga pernah mengenakannya, misalnya pada acara pernikahan. Kata orang, saat menikah wanita akan menjadi ratu sehari. Untuk sang ratu hanya cocok mendapatkan yang terbaik, ratunya mutiara. Suatu keindahan yang menjadikan semua mata tertuju padanya di hari istimewanya.

Indonesia South Sea Pearl mempunyai beragam bentuk, seperti drop, oval, round/near round, button, barogue, ring/circle, trapesium, barogue, dan triangle berikut bentuk-bentuk turunannya. Dia bisa dibentuk menjadi anting, gelang, kalung, bros, atau lainnya. Sebenarnya hal ini masih bisa dikembangkan lagi, misalnya sebagai mahkota, hiasan baju, hiasan bando, hiasan pita, hiasan sepatu, hiasan tas/dompet, hiasan sabuk, hiasan dinding, dan lain-lain. Para fashionista, pejabat, artis, para high class, atau peserta even putri-putrian/ratu-ratuan/penerimaan penghargaan (award) pasti sangat menyukainya. 

Indonesia South Sea Pearl, Mutiara Penuh Pesona dari Laut Indonesia
 Indonesia South Sea Pearl

MLS asli Indonesia ini memang sangat potensial dan indah. Tak heran jika dia menjadi salah satu dari 4 jenis mutiara yang terkenal di dunia. Jenis-jenis lainnya adalah Akoya Pearl, Black Pearl, dan China Fresh Water Pearl. ISSP merupakan puncak kesempurnaan dari mutiara di dunia. Indonesia beruntung mendapati Pinctada maxima varietas silver/golden bisa dibudidayakan di seluruh perairannya. Coba bayangkan, sang ratu mutiara tersebar di seluruh perairan Indonesia! Dari NTB, Maluku, Papua, Lampung, hingga ke berbagai daerah lainnya semuanya ada; dengan Lombok sebagai daerah produsen terbesarnya. Ini benar-benar karunia Tuhan yang tak ternilai harganya. Selanjutnya, tugas kita adalah membuatnya agar lebih berdaya saing dan mempromosikannya di kancah lokal maupun internasional, di antaranya adalah melalui Indonesian Pearl Festival (IPF).

IPF merupakan acara tahunan yang digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak tahun 2011. Acara tersebut bertujuan untuk menguatkan branding dan mempromosikan Indonesia sebagai penghasil mutiara (ISSP) terbesar di dunia. Tahun ini pun acara tersebut kembali digelar, 6th Indonesian Pearl Festival 2016 akan diadakan di Lippo Mall Kemang pada 9-13 November 2016. Tentu saja sang ratu perlu dilindungi agar tidak diakui oleh negara lain sebagai miliknya. Namanya juga ratu, tentu saja mempesona.

Indonesia South Sea Pearl, Mutiara Penuh Pesona dari Laut Indonesia
Indonesia South Sea Pearl

Indonesia South Sea Pearl memang mutiara penuh pesona dari laut Indonesia.


Sumber:
Bahan Materi Lomba Tulis Blogger (Usaha Budidaya Mutiara Indonesia).pdf  

Sumber gambar:
https://www.youtube.com/watch?v=9_D2LcGEBP0
https://www.youtube.com/watch?v=xeKzKdYM6gg

2 komentar: